Tentang Interior

Desain interior adalah ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia.
Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan.Contoh : Perancangan interior tetap bergerak maupun decoratif yang bersifat sementara.
Misalkan pada pekerjaan desain dibagi menjadi 3 kelompok yaitu :
1. Perancangan interior tetap-perancangan desain interior mulai dari merencana denah existing bangunan layout, floor plan, ceiling plan, potongan, aksonometri, detail, perspektif, market, animasi dan teknik presentasi lainnya.
2. Perancangan interior bergerak (moveable)-perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatandesain furniture, desain produk, desain landscape interior, handycraft, dan lain-lain.
3. Perancangan decoratif-perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta ulang tahun, dan lain-lain.
Namun untuk lingkup materi desain interior sangat banyak sehingga tidak dapat dikelompokkan secara khusus.Desain interior adalah ilmu yang melingkupi karya seni, arsitektur, dan proses. Pengerjaan interior dikerjakan dengan detail sesuai dengan permintaan klien.
Pengertian desain menurut para ahli :
1. Finding the right physical components of a physical structure (Alexander, 1963).
Desain merupakan kegiatan pencarian komponen-komponen yang paling tepat dan sesuai dalam upaya membentuk suatu struktur fisik tertentu.

2. A goal directed problem solving activity (Archer, 1965)
Merupakan suatu kegiatan pemecahan masalah dengan tujuan tertentu.
3. Simulating whar we want to make (or do) before we make (or do) it as many time as may be necessary to feel confident in the final result (Booker, 1964).
Desain merupakan simulasi yang dilakukan berulang kali seperlunya dari apa yang akan dibuat atau dikerjakan sampai mendapat kepastian mengenai perkiraan hasil akhir pada penetapan nantinya.
4. The conditioning factor for those parts of the product which come into contact with people (Farr, 1966).
Desain merupakan factor yang memberi kondisi pada bagian-bagian dari suatu produk yang akan berhubungan dengan manusia.
5. Relating product with situation to give satisfaction (Gregory, 1966).
Desain adalah suatu bentuk usaha yang membbentuk hubungan antara suatu produk dengan situasi yang menimbulkan kepuasan pada pemakainya.
6. The performing of a very complicated act of faith (Jones, 1966).
Desain merupakan suatu tindakan rumit yang didasarkan pada keyakinan.
7. A creative activity it involves bringing into being something new and useful that has not existed previously (Reswick, 1965).
Desain merupakan suatu aktivitas yang kreatif, dan ini merupakan penyebab terjadinya suatu hal baru dan berguna yang sebelumnya belum pernah ada.

B. Tips Mendesain Ruang Interior Kantor dengan Ukuran Minimalis
Pada dasarnya kantor merupakan salah satu ruangan yang sangat berguna untuk dijadikan ruang kerja setiap orang. Pada umumnya kantor mempunyai berbagai fungsi terkait pekerjaan, seperti untuk menempatkan berkas, barang, surat, maupun hasil pekerjaan. Sebagai ruang kerja, kantor juga mempunyai kontribusi penting dalam menentukan hasil sebuah kinerja dari seseorang. Hal tersebut dikarenakan bahwa jika ruangan kantor tersebut mempunyai tata ruang yang rapi, bagus dan nyaman, maka orang yang bekerja dalam kantor tersebut akan nyaman tanpa adanya berbagai macam gangguan seperti ketidaknyamanan. Oleh sebab itulah mengapa setiap ruangan kantor terutama dalam Interior kantor perlu didesain dan dibuat dengan baik dan membuat nyaman bagi orang yang menggunakannya. Namun demikian pada ruangan kantor yang minimalis, tentunya akan menambah ketidaknyamanan dan permasalahan terutama terkait dengan masalah interior kantor.
Pengaturan Warna
Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendesain sebuah ruang interior kantor yang memiliki ukuran yang minimalis namun didesain dengan baik dan nyaman. Salah satu tips tersebut ialah dengan memadukan warna ruangan. Sebaiknya, jika Anda ingin mendesain sebuah interior kantor, Anda harus memadukan warna kesukaan Anda yang sekiranya membuat Anda semakin nyaman dalam bekerja. Mungkin warna cerah seperti warna biru muda dan warna hijau muda akan membuat pikiran Anda kembali fres dan membantu Anda untuk menemukan sebuah ide dan inspirasi dengan sebuah warna ruangan.

Pencahayaan
Selain dari warna, untuk mendesain ruang interior kantor dengan ukuran minimalis bisa Anda lakukan dengan membuat desain ruangan yang lebih cerah dengan mengatur pencahayaan baik dari lampu maupun dari pencahayaan dari sinar matahari. Jika Anda lebih menyukai pencahayaan dari sinar matahari, maka Anda bisa membuat dan memperbanyak cendela, ventilasi ataupun pintu yang tembus cahaya seperti yang terbuat dari kaca. Namun apabila Anda menghendaki ruangan yang ber AC, maka untuk pencahayaan dari sinar matahari Anda bisa lakukan dengan menggunakan cendela dari kaca.

Pilih Furnitur Minimalis yang Tidak Memakan Banyak Tempat
Untuk mendesain ruang interior kantor dengan ukuran yang minimalis selanjutnya ialah dengan memperhatikan aksesoris, perkakas, dan hiasan yang ada dalam ruangan tersebut. untuk perkakas ruang kerja seperti meja, kursi, laptop dan lemari yang Anda gunakan sebaiknya juga menggunakan barang-barang dengan ukuran yang juga minimalis yang bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan Anda dan kebutuhan Anda. Selain itu perkakas tersebut juga ditata serapi dan sefisien mungkin dengan menyesuaikan besarnya ruangan kantor.
Memasang Aksesoris dan Hiasan Ruangan
Selanjutnya Anda bisa menambahkan akasesoris dan hiasan ruang kerja atau ruang kantor Anda yang memiliki ukuran yang minimalis. Hiasan yang disarankan ialah hiasan yang tidak banyak memakan tempat.Anda bisa menggunakan gambar atau poster yang bisa Anda tempelkan di dinding.Atau Anda bisa memasang hiasan kesukaan Anda lainnya yang sekiranya tidak memakan banyak tempat Anda.Namun apabila Anda lebih menyukai hiasan yang hidup seperti tanaman atau ikan dalam akuarium, maka sebaiknya Anda pasang tanaman atau akuarium dengan ukuran yang kecil dan memiliki kesan yang bagus dan menenangkan ketika Anda bekerja nantinya.

Konsep Ruangan Terbuka
Untuk menambah kesan ruangan yang lebih luas maka Anda bisa mendesain ruanginterior kantor Anda dengan konsep yang lebih terbuka. Pemilihan konsep ruang yang terbuka mungkin bisa menjadi bisa menjadi pilihan yang tepat dan ideal bagi Anda. Konsep ruangan kantor yang terbuka bisa Anda lakukan dengan menambah efek kaca, dimana kaca bisa Anda pasang di cendela yang menghadap ke luar ruangan kantor, terlebih lagi jika di luar kantor Anda terdapat taman atau beberapa tanaman yang Anda di sana. Oleh sebab itu dengan ruangan kantor seperti ini mampu menghadirkan situasi yang kondusif untuk bekerja.